Senin, 20 Oktober 2014

6 Penanganan Tepat Terhadap Serangan Asma

 Asma merupakan penyakit pernapasan yang sulit dihilangkan dan dapat kambuh sewaktu-waktu. Ada banyak hal yang bisa memicu asma kambuh secara tiba-tiba, seperti udara kotor, emosi yang tak karuan, makan yang salah, dll. Tidak sedikit orang yang terkena penyakit ini karena biasanya keturunan berikutnya beresiko sakit asma.

Setiap hari selalu melakukan aktivitas dengan tempat dan orang berbeda, tiba-tiba saja waktu itu asma anda sedang kambuh, jika bukan orang terdekat anda tentu tidak tahu penanganan yang tepat. Mungkin saja waktu itu anda juga lupa membawa inhaler sehingga asma sulit disembuhkan. Hal ini membuat orang disekitar anda menjadi panik, bingung dan bisa saja salah dalam menanganinya. Salah penanganan bisa berakibat fatal pada anda dan malah asma lebih parah daripada sebelumnya. Karena itu anda harus bisa menjaga diri sendiri dan melakukan tindakan waspada saat lupa atau tidak membawa inhaler.

6 Penanganan Tepat Terhadap Serangan Asma

 Sebagai penderita asma anda harus mengetahui langkah waspada saat serangan asma datang. Berikut ini langkah waspada yang harus anda lakukan saat asma sedang kambuh, antara lain :
Tenanglah jangan panik

 Saat asma kambuh di suatu tempat yang tidak ada orang terdekat, anda akan merasa bingung. Apalagi ketika itu terjadi anda lupa membawa inhaler, anda pasti merasa cemas dan panik. Memang kepanikan wajar hadir pada penderita asma pada saat seperti itu. Tetapi anda harus berusaha untuk lebih tenang. Karena kepanikan menyebabkan otot-otot dada semakin tegang dan membuat anda semakin sulit bernapas. Pikirkanlah sesuatu yang menyenangkan saat itu terjadi, agar memicu perasaan tenang anda.

Duduk dengan tegak

 Ketika asma kambuh, dada akan terasa sesak dan sulit melakukan pernapasan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah berhenti mengerjakan apapun, lalu siapkan posisi duduk tegak. Duduk tegak dada akan melebar membuat paru-paru lebih mudah mengatur proses pernapasan. Jangan malah berbaring apalagi membungkuk, posisi ini membuat pernapasan anda semakin sulit karena paru-paru tidak leluasa bergerak.

Tarik napas panjang dan dalam

Setelah duduk, lakukanlah olah pernapasan. Mulai dari menarik napas panjang lebih dalam dari hidung, lalu keluarkan dari mulut. Ulangi selama beberapa kali sampai anda benar-benar bisa mengatur napas seperti semula. Hal ini dimaksudkan agar menghindari hiperventilasi, yaitu pernpasan cepat dan dalam yang menyebabkan kadar karbondioksida dikeluarkan oleh darah secara berlebihan. Tentu akan berdampak lebih buruk terhadap tubuh.

Mengkonsumsi minuman panas

 Gejala asma saat kambuh adalah sesak napas , sehingga untuk menghilangkannya haruslah membuat saluran udara pada paru-paru terbuka lebih lebar. Untuk mengatasinya anda bisa minum kopi atau teh yang panas. Kafein mampu membantu paru-paru membuka saluran udara menjadi lebar.

Menghindarkan diri dari penyebab kambuhnya asma

 Sebagai penderita asma anda pasti tahu apa saja yang dapat menyebabkan penyakit asma kambuh. Apakah itu udara kotor, bau, tersinggung ucapan seseorang, atau yang lainnya. Untuk mengurangi gejala dan mempercepat kesembuhan anda harus menjauh dari penyebab kambuhnya asma. Carilah tempat yang sejuk dan mengandung banyak oksigen, suasana menyenangkan dan membawa kenyamanan perasaan anda.

Mintalah bantuan orang lain

Jika dirasa asma sulit sembuh, anda harus bisa mencari bantuan orang lain. Dengan berusaha berteriak, atau menghubungi seseorang atau petugas rumah sakit lewat ponsel, apabila masih cukup kuat berjalanlah ke tempat yang ramai. Karena asma bisa kambuh kapan saja, anda harus mengatur ponsel sehingga lebih mudah dalam menghubungi orang dalam keadaan darurat. Dengan begitu pertolongan pertama akan anda dapatkan

sebelum semuanya semakin parah.

Itulah beberapa langkah efektif yang harus anda lakukan saat asma sedang kambuh. Pengobatan asma tidak bisa dilakukan secara instan, untuk itu anda harus mengkonsumsi obat secara rutin walau kondisi tubuh sudah membaik dan asma jarang sekali kambuh. Selain itu, haruslah menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan buang jauh-jauh pkiran negatif yang berkepanjangan. Karena pikiran negatif dapat menyebabkan kecemasan lalu memicu kambuhnya penyakit asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar