Rabu, 22 Oktober 2014

Cara Mengatasi Anemia Atau Kekurangan Darah

 Anemia adalah sakit yang disebabkan oleh kurangnya darah merah yang dihasilkan oleh tubuh kita. Keberadaan anemia sendiri begitu mengganggu karena jenis penyakit ini, mampu membuat kita merasa pusing sepanjang waktu disertai dengan lemasnya tubuh sehingga membuat kita enggan beraktivitas. Anemia juga sering dialami oleh mereka para wanita dikarenakan siklus bulanan alami yang merupakan penanda wanita tersebut sudah memasuki usia matang. selain itu, anemia juga bisa dikarenakan rendahnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita serta kebiasaan begadang pada saat malam hari sehingga mengurangi jatah istirahat dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Mengatasi Anemia Atau Kekurangan Darah

 Orang yang terkena anemia, biasanya ditandai dengan wajahnya yang tampak pucat , sistem imun yang rendah sehingga mudah sakit, lemas, sering mengalami pusing yang berkepanjangan serta denyut jantung yang tidak teratur. Gejala- gejala seperti ini, tentu saja membuat aktivitas harian anda menjadi tidak lancar karena keadaan tubuh yang tidak stabil tersebut.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari jenis sakit satu ini dan salah satunya adalah mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh kita. Berikut ini merupakan jenis- jenis makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi dan bisa mengatasi anemia dalam diri anda:

1. Tomat

 Cara mengurangi efek anemia atau bahkan mungkin bisa menghilangkannya sama sekali yaitu dengan rutin mengonsumsi tomat. Tomat merupakan satu dari banyaknya jenis buah- buahan yang mengandung zat besi dengan harga murah dan bisa dengan mudahnya ditemukan di dekat kita. Kandungan zat besi dalam tomat sendiri tergolong tinggi sehingga cocok bagi mereka para penderita anemia. Tomat sendiri bisa dimakan dengan cara dibuat sup atau bisa juga di jadikan jus sesuai dengan yang cara makan yang anda inginkan.

2. Hati ayam

 Satu lagi jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan untuk mengatasi anemia yaitu hati ayam. Sama seperti tomat, hati ayam pun mempunyai kandungan zat besi yang mampu mencegah serta mengatasi anemia kita. Zat besi sendiri mampu membantu proses pembentukan sel darah merah yang begitu berguna untuk kelangsungan hidup sehat kita. hati ayam sendiri, sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak jaman dahulu untuk diberikan kepada anak- anak perempuan mereka agar tidak merasa lemas disaat datang bulan.

3. Daun bawang

 Cara mengatasi anemia selanjutnya anda bisa juga menggunakan daun bawang. Hal ini terkait dengan kandungan zat besi dari daun bawang yang cukup tinggi serta kandungan sebuah zat yang bernama Ferroportin yang membantu proses penyaluran zat besi ke seluruh bagian tubuh kita. Cara pengonsumsian daun bawang ini bisa dengan merebus daun bawang itu sendiri untuk kemudian diambil airnya serta dicampur dengan sebutir kuning telur ayam kampung. Bagi anda yang menderita anemia, anda bisa mengonsumsi air hasil daun bawang ini sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Kacang almond

 Hampir semua jenis kacang- kacangan memang mempunyai kandungan zat besi yang bisa membantu menurunkan kadar anemia atau menghilangkan penyakit anemia di dalam tubuh kita. Namun salah satu jenis kacang- kacangan dengan kandungan zat besi yang tinggi adalah kacang almond. Kacang almond ini mampu membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh sehingga memaksimalkan jumlah sel darah merah yang begitu dibutuhkan bagi tubuh terutama bagi mereka para penderita anemia.

5.Tiram

 Kabar gembira bagi anda para pecinta seafood, salah satu jenis makanan kegemaran anda yaitu tiram ternyata mempunyai kandungan baik bagi tubuh terkait dengan zat besi di dalamnya. Sekarang ini banyak sekali tempat yang menyediakan makanan- makanan khusus sea food yang nyatanya bisa anda temukan dimana- mana mengingat banyaknya warung makan sea food yang tersedia.

 Mencegah sudah tentu lebih baik daripada mengobati, jadi bagi anda yang mulai mengalami gejala- gejala anemia akan lebih baik jika anda mulai menyenangi jenis- jenis makanan diatas yang mengandung banyak zat besi yang mempunyai peran besar dalam membantu proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar