Rabu, 22 Oktober 2014

Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

 Pernahkah anda mengalami rasa sakit pada saat menelan atau berbicara pada sekitar leher bagian dalam anda? Hal ini merupakan sakit tenggorokan yang tentunya sangat mengganggu aktivitas tenggorokan anda dalam menjalankan fungsinya. Ketika tenggorokan kita mengalami rasa sakit tersebut, maka dampak rasa nikmat yang dihasilkan oleh makanan pun menjadi berkurang sehingga tidak jarang pula sakit tenggorokan ini mapu membuat kita yang tadinya gemar makan menjadi kurang berselera saat makan bahkan ketika dihadapkan pada makanan enak sekalipun.

Mengobati Sakit Tenggorokan Secara Alami

 Penyakit tenggorokan ini bisa disebabkan oleh virus ataupun bakteri- bakteri nakal yang menyebabkan tenggorokan kita menjadi infeksi yang berujung pada rasa gatal- gatal serta rasa sakit setelahnya, selain itu ada faktor lain seperti merokok dan juga cuaca yang bisa membuat tenggorokan anda menjadi terganggu. Jangan pernah menganggap remeh serta membiarkan saja jenis sakit ini karena terkadang jika kebetulan bakteri yang menginfeksi kita termasuk dalam ukuran bakteri yang ganas maka sakit yang kita alami bisa menjadi semakin parah dan menjalar ke bagian organ yang lain.

 Untuk mengobati sakit tenggorokan ini, akan lebih baik jika anda menggunakan cara- cara alami yang tentunya tidak memberi banyak efek samping bagi kita. Cara- cara untuk mengatasi sakit tenggorokan antara lain yaitu:

1. Madu

 Sama persis seperti julukannya, madu mempunyai 1001 manfaat yang salah satunya adalah mengobati sakit tenggorokan yang sedang kita derita. pada dasarnya madu mempunyai kandungan anti bakteri sehingga mampu mengusir bakteri- bakteri jahat yang bersarang pada tenggorokan kita. Selain itu, madu juga bisa berperan sebagai osmotik hipertonik yang bisa menarik keluar jaringan- jaringan yang sedang meradang. Madu sendiri sekarang ini banyak dijual dalam bentuk botol- botol sehingga memudahkan anda untuk mendapatkannya.

2. Minuman hangat

Minum dengan air minum hangat merupakan salah satu cara untuk mengobati sakit tenggorokan. minuman yang diminum bisa berupa apa saja seperti teh, kopi dan juga air jeruk yang tentunya dalam suhu hangat dan cenderung agak panas. Minum minuman hangat ini mampu membasahi tenggorokan anda yang sedang mengalami infeksi sehingga mampu mengatasi rasa gatal yang dihasilkan oleh bakteri- bakteri nakal penyebab sakit tenggorokan ini.

3. Perkuat sistem imun

Memperkuat sistem imun dalam tubuh kita akan membuat segala jenis penyakit mampu diusir jauh dari tubuh kita. Memperkuat sistem imun sendiri bisa dilakukan dengan cara banyak mengonsumsi buah- buahan dan juga sayur- sayuran yang mempunyai kandungan nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh. Sistem imun ini bisa kita dapatkan dari vitamin c, vitamin e dan juga magnesium. Selain itu ada juga beberapa bumbu dapur atau yang biasa kita sebut dengan rempah- rempah seperti jahe, bawang putih yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

4. Santap makanan yang tepat

Menyantap makanan yang tepat akan membantu mengobati sakit tenggorokan yang anda alami alih- alih memperparahnya. Makanan- makanan yang tepat tersebut adalah makanan dengan gestur yang halus sehingga tidak menimbulkan rasa sakit ketika kita menelannya. Jenis makanan bertekstur lembut tersebut antara lain adalah bubur, sup dan juga gelatin.

5. Kumur dengan campuran air garam

Langkah ini merupakan suatu langkah yang cukup mudah mengingat pada setiap rumah kita bisa temukan bahan dasar untuk mengobati sakit tenggorokan ini yaitu garam. Langkah yang dilakukan cukup mudah hanya dengan menyiapkan air yang telah dicampur dengan garam untuk kemudian dibuat berkumur. Garam bisa menjadi antiseptik ringan yang mampu menarik keluar air dahak yang berada di dalam tenggorokan kita. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa berkumur dengan larutan garam ini 4 kali dalam sehari.

 Hal- hal diatas merupakan cara- cara praktis yang memudahkan kita dalam mengatasi rasa sakit pada tenggorokan. jika yang menyebabkan tenggorokan anda mengalami sakit adalah karena merokok maka solusi utama dalam hal ini adalah dengan cara menghentikan aktivitas merokok kita. Bukan hanya meredanya sakit tenggorokan yang kita alami, namun berhenti merokok akan membuat kta terhindar dari banyaknya jenis penyakit yang kerap dialami oleh mereka para perokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar