Minggu, 02 November 2014

Penyebab Gigi Terasa Ngilu dan Cara Mengatasinya

 Gigi merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang nyatanya mempunyai andil besar dalam kehidupan sehari-hari kita. Gigi merupakan alat yang digunakan untuk makan atau lebih tepatnya menghaluskan makanan agar gampang dicerna sehingga bisa menjadi asupan energi bagi tubuh manusia. Gigi yang sehat maka sudah tentu acara makan ita tidak akan terganggu. Namun berbeda jika gigi kita mengalami gangguan maka sudah tentu makan kita pun juga akan terganggu.

 Gigi ngilu atau gigi sensitif sudah tentu merupakan salah satu dari banyaknya masalah gigi yang mengganggu kita. mempunyai gigi yang sensitif hingga menghasilkan rasa ngilu mampu membuat kita merasa tidak nyaman terutama pada saat makan makanan yang panas atau minum minuman yang cenderung dingin terlebih jika ada esnya. Ada banyak sekali penyebab dari gigi ngilu, jadi melakukan pencegahan pada sumber yang bersangkutan merupakan cara yang tepat yang bisa mengusir rasa ngilu itu sendiri. Berikut ini merupakan penyebab-penyebab gigi ngilu yang harus anda hindari:

gigi ngilu

1. Menggosok gigi terlalu kuat
Menggosok gigi terlalu kuat akan membuat gigi beserta gusi kita menjadi tertekan akibat tekanan yang dihasilkan dari sikat gigi kita. Selain itu jika kita mrnggosok gigi terlalu kuat bisa menyebabkan rusaknya gigi kita akibat email gigi yang terkelupas. Apalagi jika kita menyikat gigi dengan sembarangan maka bisa saja gusi kita menjadi berdarah. Tidak berhenti di situ saja, gusi yang berdarah bisa berujung pada munculnya penyakit sariawan yang bisa menambah deretan masalah pada mulut anda.

2. Menyikat gigi dengan bulu keras dan kaku
Memilih bulu sikat gigi yang baik merupakan cara untuk menghindari gigi dari ngilu. Penggunaan sikat gigi yang terlalu lama pun harus dihindari. Setelah minimal 3 bulan sekali sikat gigi anda perlu diganti dengan yang baru karena sikat gigi yang sudah terlalu lama digunakan akan rusak bulunya dan akan mengganggu saat menyikat gigi.

3. Karena peradangan gusi yang diakibatkan karang gigi
Hal ini sering terjadi pada mereka yang mempunyai karang gigi tebal. Apabila anda tidak teratur dalam menyikat gigi apalagi setelah mengonsumsi makanan yang manis-manis, sisa makanan tersebut bisa menempel di gigi dan menyebabkan karang gigi di saat anda tidak menyadarinya.

4. Akibat penuaan
Semakin bertambahnya usia, maka email pada gigi akan mengalami penyusutan sehingga akan dengan mudah menerima rangsangan dari benda yang masuk ke dalam mulut dan akhirnya menyebabkan ngilu.

Untuk mengatasi gigi ngilu tersebut bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya:

1. Jangan menggosok gigi terlalu kuat melainkan secara lembut dan lebih baik lagi jika digosok secara memutar.
2. Cari sikat gigi yang mempunyai bulu yang lembut sehingga aman serta nyaman saat digunakan untuk menggosok gigi kita.
3. Jaga kesehatan gigi kita dengan secara rutin menggosok gigi dua kali dalam sehari atau lebih serta seringlah berkumur-kumur setelah mengonsumsi makanan yang sekiranya bisa menyebabkan gigi kita menjadi terganggu kesehatannya.

 Untuk menjaga agar gigi kita tetap sehat akan lebih baik lagi jika anda mampu memilih jenis pasta gigi yang nyaman serta tepat bagi anda. Selain itu, ada baiknya juga jika anda menggunakan mouth wash sehabis anda menggosok gigi anda. Bukan hanya mampu menghilangkan kotoran-kotoran pada gigi namun mouth wash bisa membuat nafas kita menjadi lebih segar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar